BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar
belakang
Pada
zaman modern seperti sekarang ini, ada banyak cara untuk menjalin komunikasi
interaktif antara sesama manusia, salah satunya adalah melalui suatu jaringan
yang menghubungkan antar komputer, yaitu internet. Internet dibuat pada tahun
1969 di Amerika Serikat dan pada tahun 1999 internet mulai memberikan dampak di
Indonesia.
Perkembangan
internet di Indonesia ternyata memberi pengaruh yang cukup besar. Hampir dari
seluruh kalangan mayarakat sudah mengetahui tentang internet. Internet
menyediakan fasilitas-fasilitas yang menarik sekaligus bermanfaat dalam
berbagai aspek, namun fasilitas tersebut terkadang disalahgunakan sehingga
merugikan pengguna sekaligus merugikan bagi orang lain.
Penyalahgunaan
internet dapat memberikan dampak besar bagi generasi muda khususnya pelajar.
Dengan demikian, pelajar Indonesia dituntut untuk mampu mengatasi berbagai pengaruh buruk dari penyalahgunaan
internet dan belajar untuk memanfaatkan internet secara efisien demi memajukan
kualitas pendidikan bangsa Indonesia.
Oleh
karena itu, kelompok 2 tertarik untuk membahas dampak internet bagi kalangan
siswa dalam bentuk karya tulis ilmiah, dengan harapan memberi pengetahuan dan
pendidikan kepada pembaca.
2.
Tujuan
1.
Mengetahui pengaruh
internet bagi pelajar.
2.
Memahami manfaat
internet baik dalam pendidikan maupun secara menyeluruh.
3.
Memberi pengetahuan
kepada pelajar dampak penggunaan internet dengan tujuan menghindarkan pembaca
dari pengaruh negatif.
1.
Manfaat
1.
Sebagai wacana bagi
pelajar agar dapat memilah penggunaan internet yang berakibat baik dan buruk.
2.
Sebagai pembelajaran
bagi pelajar bahwa internet memiliki pengaruh besar bagi kemajuan pendidikan.
3.
Agar pelajar
termotivasi dalam belajar setelah mengetahui internet memiliki pengaruh besar
dalam revolusi belajar siswa.
1.
Rumusan
masalah
1.
Apa itu internet?
2.
Apa saja manfaat
internet?
3.
Apa saja dampak positif
penggunaan internet?
4.
Apa saja dampak negatif
penggunaan internet?
5.
Bagaimana cara
mengatasi dampak negatif internet?
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
PEMAPARAN
TEORI
1.
Pengertian
internet
Internet merupakan jaringan
komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia sehingga
terbentuk ruang maya jaringan komputer dimana antara satu komputer dan komputer
lainnya dapat berhubungan dan saling berbagi informasi.
Internet adalah jaringan informasi
komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat
dikatakan sekarang ini sebagai jaringan informasi terbesar dunia.
1.
Manfaat
internet
Internet bermanfaat di segala bidang,
diantaranya sebagai berikut:
1.
Sebagai sarana
komunikasi untuk pendidikan jarak jauh.
2.
Sebagai sumber tambahan
(ilmu) yang belum dimengerti di sekolah.
3.
Memperluas wawasan dan
ilmu pengetahuan.
4.
Memungkinkan siswa
memiliki ragam pengetahuan yang lebih luas dengan kebebasan mengakses informasi
yang tidak terbatas.
5.
Dapat digunakan sebagai
sumber bahan ajar bagi tenaga pendidik.
6.
Menyediakan metode
pengajaran yang lebih menarik.
7.
Internet seolah dapat
menghilangkan batas ruang dan waktu, sehingga memungkinkan siswa memperoleh
ilmu dari pakar yang berbeda dalam satu waktu sekaligus.
8.
Mempermudah pencarian
referensi buku.
9.
Penghematan biaya dalam
memperoleh pendidikan, dikarenakan untuk mendapatkan informasi lebih luas tidak
perlu membeli buku.
1.
Dampak
Internet
1.
Dampak Positif
1.
Internet sebagai media
komunikasi, dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lain diseluruh dunia, dengan demikian pelajar dapat bertukar informasi dengan
dunia luar dalam lingkup luas (mendunia).
2.
Media untuk mencari informasi,
dimana perkembangan internet yang pesat menjadikan internet sebagai salah satu
sumber informasi akurat dalam memperluas pengetahuan.
3.
Internet dapat
digunakan sebagai pertukaran data, dengan menggunakan e-mail[1] dan
sarana lainnya para pelajar dapat bertukar informasi dengan cepat dan mudah.
4.
Kemudahan memperoleh
informasi di internet dapat membuat siswa lebih cepat mengetahui apa yang
terjadi di dunia saat ini sehingga memiliki wawasan dan berita perkembangan
pendidikan lingkup internasional, dengan demikian siswa dapat mengukur
kemampuan diri melalui membandingkan kondisi diri dengan dunia luar.
5.
Internet dapat
meningkatkan pengetahuan dan wawasan lebih efektif dibandingkan dengan membaca
buku, karena lebih efisien dan sesuai dengan subjek yang diinginkan, dan
penggunaan internet dapat meningkatkan penghematan waktu, dana serta tenaga.
6.
Dampak
Negatif
1.
Pornografi[2]
Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki internet, tidak menutup kemungkinan
memunculkan informasi yang berbau pornografi. Kebebasan pengaksesan
termasuk bagi anak dibawah umur, hal
yang demikan dapat menyebabkan kerusakan psikologis bagi pelajar. Selain itu
pornografi dapat memengaruhi kesehatan reproduksi dan mental, secara tidak
langsung hal ini berpengaruh pada pendidikan dan edukasi anak.
2.
Mengurangi Sifat Sosial.
Dengan adanya
internet dapat mengurangi sifat sosial manusia karena lebih suka berhubungan
dengan internet daripada bertemu secara langsung. Dari sifat sosial yang
berubah dapat mengakibatkan perubahan pola interaksi dalam masyarakat termasuk
pelajar.
3.
Kecanduan Internet.
Penggunaan
internet berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan. Hal ini biasa terjadi ketika seseorang telah sangat
suka terhadap jejaring sosial atau game online sehingga dapat mengakibatkan lupa
waktu dan mengurangi minat belajar siswa.
4.
Meningkatkan Kemalasan
Bagi Siswa.
Teknologi
membuat siswa kurang produktif dan malas. Sebuah keyakinan bahwa mesin pencari
informasi selalu ada telah membuat siswa menjadi tidak sabar dan cenderung
menyalin utuh informasi agar tugas dapat terselesaikan dengan cepat.
5.
Mengurangi minat baca
siswa, dikarenakan dengan adanya internet sebagai penyedia data dan informasi
yang lengkap, pelajar akan lebih mudah mendapatkan informasi secara utuh tanpa
perlu memilah atau menelaah bacaan lebih lanjut.
6.
Mengurangi tingkat
konsumtif pelajar terhadap buku, karena dengan adanya internet sebagai penyedia
informasi yang akurat dan praktis maka pelajar lebih dominan tertarik untuk
mendapatkan wawasan melalui internet secara gratis dibandingkan membeli buku
yang membutuhkan biaya relatif lebih banyak.
7.
Mengurangi daya ingat,
dikarenakan kepercayaan bahwa informasi yang telah diperoleh akan bisa
didapatkan kembali dengan mudah, atau dapat dilihat untuk berulangkali,
sehingga kesadaran untuk pentingnya mengingat informasi akan menurun.
8.
Keterampilan menulis
menurun. Dapat dimengerti bahwa dalam dunia komputer hampir tidak ada kebutuhan
untuk menulis. Dengan menulis dapat membuat pelajar lebih fokus dan memberikan
kesempatan untuk mengekspresikan diri lebih dalam. Keterampilan menulis juga
dapat menyampaikan aspek kepribadian seperti melalui jenis goresan yang
dihasilkan dan tekanan pada gurat pena. Mengetik di keyboard tidak mengganggu
kreatifitas dalam menulis. Namun demikian ketermapilan menulis dengan tangan
tentu merupakan bagian integral dari pendidikan yang baik.
1.
Cara mengatasi dampak negatif internet
1.
Membertimbangkan pemakaian
internet bagi pelajar, khususnya bagi pelajar dibawah umur yang masih
membutuhkan pengawasan ketika sedang melakukan pengaksesan internet.
2.
Tidak menjadikan
internet sebagai sarana satu-satunya dalam pembelajaran. Misalnya kita tidak
hanya mendownload e-book namun masih tetap membeli buku cetak.
3.
Pihak pengajar, baik
orang tua maupun guru diharuskan memberikan pengajaran-pengajaran etika dalam
berinternet, agar internet dapat dipergunakan secara optimal tanpa
menghilangkan etika.
4.
Untuk mencegah
kecanduan, perlu adanya pengendalian diri dengan mematuhi jadwal kegiatan yang
telah di atur, dengan demikian waktu yang dimiliki tidak terfokuskan untuk
penggunaan internet sehingga dapat menghindari ketergantungan dan kecanduan.
1.
ANALISIS
DATA
Untuk
mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, penyusun mempergunakan metode
observasi langsung pada tempat penggunaan internet umum dan pembagian kuisioner
kepada pelajar. Selain itu penyusun juga mencari sumber informasi melalui
beberapa buku terkait dan dari media elektronik yang berjangkauan internasional
yaitu internet dengan situs terpercaya.
Hasil
pembagian kuisioner kepada: Populasi : XI IPA 1
Sampel : 12 siswa XI IPA 1
Dari 12 sampel yang telah diberi kuisioner,
didapatkan hasil survei sebagai berikut:
1.
91,6% siswa kelas XI
IPA 1 menyatakan aktif menggunakan internet sedangkan 8,4% menyatakan tidak
aktif.
2.
50% menggunakan layanan
internet setiap hari dan 50% tidak menggunakan internet setiap hari.
3.
100% menyatakan
internet bermanfaat dalam mempermudah pekerjaan.
4.
50% siswa menyatakan
ketergantungan terhadap internet sedangkan 50% menyatakan tidak ketergantungan.
5.
83,3% siswa menggunakan
internet secara berkala atas izin orang tua.
6.
25% siswa masih
menggunakan internet di bawah pengawasan orang tua dan 75% tanpa pengawasan
orang tua.
7.
25% siswa telah
menyusun jadwal penggunaan internet secara teratur dan 75% lainnya belum
memiliki jadwal teratur dalam berinternet.
8.
41,6% siswa mengisi
waktu luang dengan menggunakan internet dan 58,4% lainnya mengisi waktu luag
dengan aktifitas lainnya.
9.
25% siswa menggunakan
internet dominan untuk membuka media sosial dan 75% lainnya membuka situs
lainnya.
10.
91,6% lebih sering
menggunakan internet untuk mengerjakan tugas dibandingkan membaca buku teks.
11.
33% bisa mengendalikan
penggunaan kuota internet perbulan sedangkan 66% lainnya menyatakan tidak bisa
mengndalikan penggunaan kuota internet perbulan.
12.
50% siswa menyatakan
penggunaan internet dapat mempengaruhi keadaan emosional dan 50% menyatakan
internet tidak memengaruhi keadaaan emosional.
13.
41.6% siswa menghapus
riwayat pengaksesan internet setiap kali penggunaan, dan selebihnya menyatakan
tidak menghapus riwayat pengaksesan setelah penggunaan.
14.
33% siswa menyatakan
dominan berkomunikasi menggunakan layanan internet secara langsung dibandingkan
komunikasi langsung.
15.
41,6% siswa berinternet
lebih dari 2 jam setiap hari sedangkan 58,4% berinternet kurang dari 2 jam
perhari.
16.
100% siswa telah
menyatakan telah mengetahui dampak negatif dari penggunaan internet.
17.
100% siswa menyatakan
bahwa dengan menggunakan internet mereka mengalami kemajuan dalam belajar.
18.
58,4% siswa
mementingkan alamat situs dalam mendapatkan informasi mengenai pendidikan
sedangkan 41,6% siswa tidak.
19.
41,6% mendapatkan
pendidikan internet sebelum memulai menggunakan internet sedangkan 58,4%
menyatakan tidak mendapat pendidikan berinternet.
20.
100% siswa merasa telah
menggunakan internet dengan benar.
BAB
III
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa internet dapat memberi dampak positif maupun negatif bagi
siswa. Tingkat pengaruh positif maupun negatif terhadap setiap siswa tergantung
dari seberapa besar kemampuan pengendalian diri dan pengetahuan dasar mengenai
etika berinternet dan dampak negatif yang dapat timbul jika tidak menggunakan
internet dengan benar. Minat belajar dan rasa ingin tau siswa juga mempengaruhi
tingkat pengaruh internet bagi dunia pendidikan bangsa Indonesia.
4.2 Saran
Berdasarkan
hasil penelitian, penyusun menyarankan:
1.
Sebaiknya sebelum siswa
diperbolehkan memulai penggunaan layanan internet, baik dari pihak orang tua
maupun sekolah memberikan pendidikan dasar dalam berinternet seperti
mensosialisasikan etika dalam berinternet dan dampak negative yang ditimbulkan
akibat penyalahgunaan internet kepada siswa.
2.
Khususnya bagi pelajar
dibawah umur sebaiknya mendapat pengawasan dan bimbingan dari orang tua ketika
sedang melakukan pengaksesan internet.
3.
Siswa diharapkan mampu
memilah hal baik dan buruk serta dapat mengatur manajemen waktu, sehingga
terhindar dari kecanduan terhadap internet.
DAFTAR
PUSTAKA
Dwiani, Heningtyas. 2013. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jawa Tengah: Viva Pakarindo.
Lita. 2015.
“Buku VS Tablet”. Bobo XLIII.
Joko. 2015.
“Yuk, Berinternet Secara Pintar!”. Bobo XLII.
Pipit. 2009.
“Pilih buku atau eBook?”. Bobo XXXVII.
Sakinah, Kiki. 2015. “Pendidikan Jarak Jauh Berbasis
E-Learning”. DIrektori Pendidikan 2015.
LAMPIRAN
Hasil
Survei Kuisioner
POPULASI
: Siswa XI IPA 1
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Apakah
anda aktif menggunakan internet?
|
11
|
1
|
2.
|
Apakah
anda menggunakan layanan internet setiap hari?
|
6
|
6
|
3.
|
Apakah
internet bermanfaat dalam mempermudah pekerjaan anda?
|
12
|
-
|
4.
|
apakah
anda merasa ketergantungan terhadap intenet?
|
6
|
6
|
5.
|
Apakah
orang tua anda mengizinkan anda menggunakan intenet secara berkala?
|
10
|
2
|
6.
|
Apakah
anda masih menggunakan internet dibawah pengawasan orang tua?
|
3
|
9
|
7.
|
Apakah
anda mempunyai jadwal penggunaan internet yang teratur?
|
3
|
9
|
8.
|
Apakah
diwaktu luang anda, anda lebih dominan mengisi waktu dengan menggunakan
internet dibandingkan kegiatan lain?
|
5
|
7
|
9.
|
Apakah
anda memanfaatkan internet dominan untuk media sosial?
|
3
|
9
|
10.
|
Apakah
didalam mengerjakan tugas anda lebih sering memanfaatkan layanan internet
dibandingkan buku teks?
|
11
|
1
|
11.
|
Dapatkah
anda dapat mengendalikan penggunaan kuota internet anda perbulannya?
|
4
|
8
|
12.
|
Apakah
internet memengaruhi keadaan emosional anda? (misalnya perubahan jaringan
internet secara mendadak)
|
6
|
6
|
13.
|
Apakah
anda menghapus riwayat penggunaan internet anda setiap pasca pengaksesan?
|
5
|
7
|
14.
|
Apakah
anda dominan berkomunikasi dengan menggunakan layanan internet dibandingkan
komunikasi secara langsung?
|
4
|
8
|
15.
|
Apakah
anda online lebih dari 2 jam perhari?
|
5
|
7
|
16.
|
Apakah
anda mengetahui dampak negatif dari internet?
|
12
|
1.
|
17.
|
Apakah
dengan menggunakan internet anda mengalami kemajuan dalam belajar?
|
12
|
2.
|
18.
|
Apakah
anda mementingkan alamat situs dalam kebutuhan mendapatkan informasi
pendidikan?
|
7
|
5
|
19.
|
Apakah
anda pernah mendapatkan pendidikan internet sebelum memulai menggunakan
internet?
|
5
|
7
|
20.
|
Apakah
anda merasa telah menggunakan internet dengan benar?
|
12
|
-
|
|
JUMLAH
|
147
|
93
|
KUISIONER DAMPAK
INTERNET BAGI SISWA
Sampel :
Siswa XI IPA 1
Nama :
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Apakah
anda aktif menggunakan internet?
|
|
|
2.
|
Apakah
anda menggunakan layanan internet setiap hari?
|
|
|
3.
|
Apakah
internet bermanfaat dalam mempermudah pekerjaan anda?
|
|
|
4.
|
apakah
anda merasa ketergantungan terhadap intenet?
|
|
|
5.
|
Apakah
orang tua anda mengizinkan anda menggunakan intenet secara berkala?
|
|
|
6.
|
Apakah
anda masih menggunakan internet dibawah pengawasan orang tua?
|
|
|
7.
|
Apakah
anda mempunyai jadwal penggunaan internet yang teratur?
|
|
|
8.
|
Apakah
diwaktu luang anda, anda lebih dominan mengisi waktu dengan menggunakan
internet dibandingkan kegiatan lain?
|
|
|
9.
|
Apakah
anda memanfaatkan internet dominan untuk media sosial?
|
|
|
10.
|
Apakah
didalam mengerjakan tugas anda lebih sering memanfaatkan layanan internet
dibandingkan buku teks?
|
|
|
11.
|
Dapatkah
anda dapat mengendalikan penggunaan kuota internet anda perbulannya?
|
|
|
12.
|
Apakah
internet memengaruhi keadaan emosional anda? (misalnya perubahan jaringan
internet secara mendadak)
|
|
|
13.
|
Apakah
anda menghapus riwayat penggunaan internet anda setiap pasca pengaksesan?
|
|
|
14.
|
Apakah
anda dominan berkomunikasi dengan menggunakan layanan internet dibandingkan
komunikasi secara langsung?
|
|
|
15.
|
Apakah
anda online lebih dari 2 jam perhari?
|
|
|
16.
|
Apakah
anda mengetahui dampak negatif dari internet?
|
|
|
17.
|
Apakah
dengan menggunakan internet anda mengalami kemajuan dalam belajar?
|
|
|
18.
|
Apakah
anda mementingkan alamat situs dalam kebutuhan mendapatkan informasi
pendidikan?
|
|
|
19.
|
Apakah
anda pernah mendapatkan pendidikan internet sebelum memulai menggunakan
internet?
|
|
|
20.
|
Apakah
anda merasa telah menggunakan internet dengan benar?
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar