Rabu, 06 Juli 2016

Makalah tentang internet



BAB I
PENDAHULUAN

1.                  Latar belakang
Pada zaman modern seperti sekarang ini, ada banyak cara untuk menjalin komunikasi interaktif antara sesama manusia, salah satunya adalah melalui suatu jaringan yang menghubungkan antar komputer, yaitu internet. Internet dibuat pada tahun 1969 di Amerika Serikat dan pada tahun 1999 internet mulai memberikan dampak di Indonesia.
Perkembangan internet di Indonesia ternyata memberi pengaruh yang cukup besar. Hampir dari seluruh kalangan mayarakat sudah mengetahui tentang internet. Internet menyediakan fasilitas-fasilitas yang menarik sekaligus bermanfaat dalam berbagai aspek, namun fasilitas tersebut terkadang disalahgunakan sehingga merugikan pengguna sekaligus merugikan bagi orang lain.
Penyalahgunaan internet dapat memberikan dampak besar bagi generasi muda khususnya pelajar. Dengan demikian, pelajar Indonesia dituntut untuk  mampu mengatasi berbagai pengaruh buruk dari penyalahgunaan internet dan belajar untuk memanfaatkan internet secara efisien demi memajukan kualitas pendidikan bangsa Indonesia.
Oleh karena itu, kelompok 2 tertarik untuk membahas dampak internet bagi kalangan siswa dalam bentuk karya tulis ilmiah, dengan harapan memberi pengetahuan dan pendidikan kepada pembaca.

2.                   Tujuan
1.                  Mengetahui pengaruh internet bagi pelajar.
2.                  Memahami manfaat internet baik dalam pendidikan maupun secara menyeluruh.
3.                  Memberi pengetahuan kepada pelajar dampak penggunaan internet dengan tujuan menghindarkan pembaca dari pengaruh negatif.

1.                  Manfaat
1.                  Sebagai wacana bagi pelajar agar dapat memilah penggunaan internet yang berakibat baik dan buruk.
2.                  Sebagai pembelajaran bagi pelajar bahwa internet memiliki pengaruh besar bagi kemajuan pendidikan.
3.                  Agar pelajar termotivasi dalam belajar setelah mengetahui internet memiliki pengaruh besar dalam revolusi belajar siswa.
1.                  Rumusan masalah
1.        Apa itu internet?
2.        Apa saja manfaat internet?
3.        Apa saja dampak positif penggunaan internet?
4.        Apa saja dampak negatif penggunaan internet?
5.        Bagaimana cara mengatasi dampak negatif internet?




















BAB II
PEMBAHASAN

1.                  PEMAPARAN TEORI
1.  Pengertian internet
Internet merupakan jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer dimana antara satu komputer dan komputer lainnya dapat berhubungan dan saling berbagi informasi.
Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sekarang ini sebagai jaringan informasi terbesar dunia.
1.             Manfaat internet
Internet bermanfaat di segala bidang, diantaranya sebagai berikut:
1.                  Sebagai sarana komunikasi untuk pendidikan jarak jauh.
2.                  Sebagai sumber tambahan (ilmu) yang belum dimengerti di sekolah.
3.                  Memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan.
4.                  Memungkinkan siswa memiliki ragam pengetahuan yang lebih luas dengan kebebasan mengakses informasi yang tidak terbatas.
5.                  Dapat digunakan sebagai sumber bahan ajar bagi tenaga pendidik.
6.                  Menyediakan metode pengajaran yang lebih menarik.
7.                  Internet seolah dapat menghilangkan batas ruang dan waktu, sehingga memungkinkan siswa memperoleh ilmu dari pakar yang berbeda dalam satu waktu sekaligus.
8.                  Mempermudah pencarian referensi buku.
9.                  Penghematan biaya dalam memperoleh pendidikan, dikarenakan untuk mendapatkan informasi lebih luas tidak perlu membeli buku.
1.             Dampak Internet
1.                  Dampak Positif
1.                  Internet sebagai media komunikasi, dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lain diseluruh dunia, dengan demikian pelajar dapat bertukar informasi dengan dunia luar dalam lingkup luas (mendunia).
2.                  Media untuk mencari informasi, dimana perkembangan internet yang pesat menjadikan internet sebagai salah satu sumber informasi akurat dalam memperluas pengetahuan.
3.                  Internet dapat digunakan sebagai pertukaran data, dengan menggunakan e-mail[1] dan sarana lainnya para pelajar dapat bertukar informasi dengan cepat dan mudah.
4.                  Kemudahan memperoleh informasi di internet dapat membuat siswa lebih cepat mengetahui apa yang terjadi di dunia saat ini sehingga memiliki wawasan dan berita perkembangan pendidikan lingkup internasional, dengan demikian siswa dapat mengukur kemampuan diri melalui membandingkan kondisi diri dengan dunia luar.
5.                  Internet dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan lebih efektif dibandingkan dengan membaca buku, karena lebih efisien dan sesuai dengan subjek yang diinginkan, dan penggunaan internet dapat meningkatkan penghematan waktu, dana serta tenaga.

6.                  Dampak Negatif
1.                  Pornografi[2]
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, tidak menutup kemungkinan memunculkan informasi yang berbau pornografi. Kebebasan pengaksesan termasuk  bagi anak dibawah umur, hal yang demikan dapat menyebabkan kerusakan psikologis bagi pelajar. Selain itu pornografi dapat memengaruhi kesehatan reproduksi dan mental, secara tidak langsung hal ini berpengaruh pada pendidikan dan edukasi anak.
2.                  Mengurangi Sifat Sosial.
Dengan adanya internet dapat mengurangi sifat sosial manusia karena lebih suka berhubungan dengan internet daripada bertemu secara langsung. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola interaksi dalam masyarakat termasuk pelajar.
3.                  Kecanduan Internet.
Penggunaan internet berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan. Hal ini  biasa terjadi ketika seseorang telah sangat suka terhadap jejaring sosial atau game online sehingga dapat mengakibatkan lupa waktu dan mengurangi minat belajar siswa.
4.                  Meningkatkan Kemalasan Bagi Siswa.
Teknologi membuat siswa kurang produktif dan malas. Sebuah keyakinan bahwa mesin pencari informasi selalu ada telah membuat siswa menjadi tidak sabar dan cenderung menyalin utuh informasi agar tugas dapat terselesaikan dengan cepat.
5.                  Mengurangi minat baca siswa, dikarenakan dengan adanya internet sebagai penyedia data dan informasi yang lengkap, pelajar akan lebih mudah mendapatkan informasi secara utuh tanpa perlu memilah atau menelaah bacaan lebih lanjut.
6.                  Mengurangi tingkat konsumtif pelajar terhadap buku, karena dengan adanya internet sebagai penyedia informasi yang akurat dan praktis maka pelajar lebih dominan tertarik untuk mendapatkan wawasan melalui internet secara gratis dibandingkan membeli buku yang membutuhkan biaya relatif lebih banyak.
7.                  Mengurangi daya ingat, dikarenakan kepercayaan bahwa informasi yang telah diperoleh akan bisa didapatkan kembali dengan mudah, atau dapat dilihat untuk berulangkali, sehingga kesadaran untuk pentingnya mengingat informasi akan menurun.
8.                  Keterampilan menulis menurun. Dapat dimengerti bahwa dalam dunia komputer hampir tidak ada kebutuhan untuk menulis. Dengan menulis dapat membuat pelajar lebih fokus dan memberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri lebih dalam. Keterampilan menulis juga dapat menyampaikan aspek kepribadian seperti melalui jenis goresan yang dihasilkan dan tekanan pada gurat pena. Mengetik di keyboard tidak mengganggu kreatifitas dalam menulis. Namun demikian ketermapilan menulis dengan tangan tentu merupakan bagian integral dari pendidikan yang baik.
1.          Cara mengatasi dampak negatif internet
1.                  Membertimbangkan pemakaian internet bagi pelajar, khususnya bagi pelajar dibawah umur yang masih membutuhkan pengawasan ketika sedang melakukan pengaksesan internet.
2.                  Tidak menjadikan internet sebagai sarana satu-satunya dalam pembelajaran. Misalnya kita tidak hanya mendownload e-book namun masih tetap membeli buku cetak.
3.                  Pihak pengajar, baik orang tua maupun guru diharuskan memberikan pengajaran-pengajaran etika dalam berinternet, agar internet dapat dipergunakan secara optimal tanpa menghilangkan etika.
4.                  Untuk mencegah kecanduan, perlu adanya pengendalian diri dengan mematuhi jadwal kegiatan yang telah di atur, dengan demikian waktu yang dimiliki tidak terfokuskan untuk penggunaan internet sehingga dapat menghindari ketergantungan dan kecanduan.

1.                  ANALISIS DATA
Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, penyusun mempergunakan metode observasi langsung pada tempat penggunaan internet umum dan pembagian kuisioner kepada pelajar. Selain itu penyusun juga mencari sumber informasi melalui beberapa buku terkait dan dari media elektronik yang berjangkauan internasional yaitu internet dengan situs terpercaya.
                        Hasil pembagian kuisioner kepada:                                                                                                     Populasi           : XI IPA 1
Sampel                        : 12 siswa XI IPA 1
Dari 12 sampel yang telah diberi kuisioner, didapatkan hasil survei sebagai berikut:
1.                  91,6% siswa kelas XI IPA 1 menyatakan aktif menggunakan internet sedangkan 8,4% menyatakan tidak aktif.
2.                  50% menggunakan layanan internet setiap hari dan 50% tidak menggunakan internet setiap hari.
3.                  100% menyatakan internet bermanfaat dalam mempermudah pekerjaan.
4.                  50% siswa menyatakan ketergantungan terhadap internet sedangkan 50% menyatakan tidak ketergantungan.
5.                  83,3% siswa menggunakan internet secara berkala atas izin orang tua.
6.                  25% siswa masih menggunakan internet di bawah pengawasan orang tua dan 75% tanpa pengawasan orang tua.
7.                  25% siswa telah menyusun jadwal penggunaan internet secara teratur dan 75% lainnya belum memiliki jadwal teratur dalam berinternet.
8.                  41,6% siswa mengisi waktu luang dengan menggunakan internet dan 58,4% lainnya mengisi waktu luag dengan aktifitas lainnya.
9.                  25% siswa menggunakan internet dominan untuk membuka media sosial dan 75% lainnya membuka situs lainnya.
10.              91,6% lebih sering menggunakan internet untuk mengerjakan tugas dibandingkan membaca buku teks.
11.              33% bisa mengendalikan penggunaan kuota internet perbulan sedangkan 66% lainnya menyatakan tidak bisa mengndalikan penggunaan kuota internet perbulan.
12.              50% siswa menyatakan penggunaan internet dapat mempengaruhi keadaan emosional dan 50% menyatakan internet tidak memengaruhi keadaaan emosional.
13.              41.6% siswa menghapus riwayat pengaksesan internet setiap kali penggunaan, dan selebihnya menyatakan tidak menghapus riwayat pengaksesan setelah penggunaan.
14.              33% siswa menyatakan dominan berkomunikasi menggunakan layanan internet secara langsung dibandingkan komunikasi langsung.
15.              41,6% siswa berinternet lebih dari 2 jam setiap hari sedangkan 58,4% berinternet kurang dari 2 jam perhari.
16.              100% siswa telah menyatakan telah mengetahui dampak negatif dari penggunaan internet.
17.              100% siswa menyatakan bahwa dengan menggunakan internet mereka mengalami kemajuan dalam belajar.
18.              58,4% siswa mementingkan alamat situs dalam mendapatkan informasi mengenai pendidikan sedangkan 41,6% siswa tidak.
19.              41,6% mendapatkan pendidikan internet sebelum memulai menggunakan internet sedangkan 58,4% menyatakan tidak mendapat pendidikan berinternet.
20.              100% siswa merasa telah menggunakan internet dengan benar.




















BAB III
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
            Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa internet dapat memberi dampak positif maupun negatif bagi siswa. Tingkat pengaruh positif maupun negatif terhadap setiap siswa tergantung dari seberapa besar kemampuan pengendalian diri dan pengetahuan dasar mengenai etika berinternet dan dampak negatif yang dapat timbul jika tidak menggunakan internet dengan benar. Minat belajar dan rasa ingin tau siswa juga mempengaruhi tingkat pengaruh internet bagi dunia pendidikan bangsa Indonesia.
4.2 Saran
Berdasarkan hasil penelitian, penyusun menyarankan:
1.                  Sebaiknya sebelum siswa diperbolehkan memulai penggunaan layanan internet, baik dari pihak orang tua maupun sekolah memberikan pendidikan dasar dalam berinternet seperti mensosialisasikan etika dalam berinternet dan dampak negative yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan internet kepada siswa.
2.                  Khususnya bagi pelajar dibawah umur sebaiknya mendapat pengawasan dan bimbingan dari orang tua ketika sedang melakukan pengaksesan internet.
3.                  Siswa diharapkan mampu memilah hal baik dan buruk serta dapat mengatur manajemen waktu, sehingga terhindar dari kecanduan terhadap internet.









DAFTAR PUSTAKA

Dwiani, Heningtyas. 2013. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jawa Tengah: Viva Pakarindo.
Lita. 2015. “Buku VS Tablet”. Bobo XLIII.
Joko. 2015. “Yuk, Berinternet Secara Pintar!”. Bobo XLII.
Pipit. 2009. “Pilih buku atau eBook?”. Bobo XXXVII.
Sakinah, Kiki. 2015. “Pendidikan Jarak Jauh Berbasis E-Learning”. DIrektori Pendidikan 2015.
















LAMPIRAN
            Hasil Survei Kuisioner
POPULASI      : Siswa XI IPA 1

No.
Pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Apakah anda aktif menggunakan internet?
11
1
2.
Apakah anda menggunakan layanan internet setiap hari?
6
6
3.
Apakah internet bermanfaat dalam mempermudah pekerjaan anda?
12
-
4.
apakah anda merasa ketergantungan terhadap intenet?
6
6
5.
Apakah orang tua anda mengizinkan anda menggunakan intenet secara berkala?
10
2
6.
Apakah anda masih menggunakan internet dibawah pengawasan orang tua?
3
9
7.
Apakah anda mempunyai jadwal penggunaan internet yang teratur?
3
9
8.
Apakah diwaktu luang anda, anda lebih dominan mengisi waktu dengan menggunakan internet dibandingkan kegiatan lain?
5
7
9.
Apakah anda memanfaatkan internet dominan untuk media sosial?
3
9
10.
Apakah didalam mengerjakan tugas anda lebih sering memanfaatkan layanan internet dibandingkan buku teks?
11
1
11.
Dapatkah anda dapat mengendalikan penggunaan kuota internet anda perbulannya?
4
8
12.
Apakah internet memengaruhi keadaan emosional anda? (misalnya perubahan jaringan internet secara mendadak)
6
6
13.
Apakah anda menghapus riwayat penggunaan internet anda setiap pasca pengaksesan?
5
7
14.
Apakah anda dominan berkomunikasi dengan menggunakan layanan internet dibandingkan komunikasi secara langsung?
4
8
15.
Apakah anda online  lebih dari 2 jam perhari?
5
7
16.
Apakah anda mengetahui dampak negatif dari internet?
12
1.                   
17.
Apakah dengan menggunakan internet anda mengalami kemajuan dalam belajar?
12
2.                   
18.
Apakah anda mementingkan alamat situs dalam kebutuhan mendapatkan informasi pendidikan?
7
5
19.
Apakah anda pernah mendapatkan pendidikan internet sebelum memulai menggunakan internet?
5
7
20.
Apakah anda merasa telah menggunakan internet dengan benar?
12
-

JUMLAH
147
93



KUISIONER DAMPAK INTERNET BAGI SISWA
Sampel            : Siswa XI IPA 1
Nama   :
No.
Pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Apakah anda aktif menggunakan internet?


2.
Apakah anda menggunakan layanan internet setiap hari?


3.
Apakah internet bermanfaat dalam mempermudah pekerjaan anda?


4.
apakah anda merasa ketergantungan terhadap intenet?


5.
Apakah orang tua anda mengizinkan anda menggunakan intenet secara berkala?


6.
Apakah anda masih menggunakan internet dibawah pengawasan orang tua?


7.
Apakah anda mempunyai jadwal penggunaan internet yang teratur?


8.
Apakah diwaktu luang anda, anda lebih dominan mengisi waktu dengan menggunakan internet dibandingkan kegiatan lain?


9.
Apakah anda memanfaatkan internet dominan untuk media sosial?


10.
Apakah didalam mengerjakan tugas anda lebih sering memanfaatkan layanan internet dibandingkan buku teks?


11.
Dapatkah anda dapat mengendalikan penggunaan kuota internet anda perbulannya?


12.
Apakah internet memengaruhi keadaan emosional anda? (misalnya perubahan jaringan internet secara mendadak)


13.
Apakah anda menghapus riwayat penggunaan internet anda setiap pasca pengaksesan?


14.
Apakah anda dominan berkomunikasi dengan menggunakan layanan internet dibandingkan komunikasi secara langsung?


15.
Apakah anda online  lebih dari 2 jam perhari?


16.
Apakah anda mengetahui dampak negatif dari internet?


17.
Apakah dengan menggunakan internet anda mengalami kemajuan dalam belajar?


18.
Apakah anda mementingkan alamat situs dalam kebutuhan mendapatkan informasi pendidikan?


19.
Apakah anda pernah mendapatkan pendidikan internet sebelum memulai menggunakan internet?


20.
Apakah anda merasa telah menggunakan internet dengan benar?
























                                                                                               


[1] Email adalah salah satu fasilitas yang disediakan internet yang dapat dimanfaatkan untuk berkirim surat elektronik.
[2] Pornografi dapat diartikan sebagai penggambaran tubuh manusia atau penggambaran kegiatas seksualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar